Optimalkan Waktu Pengiriman Email Marketing Untuk Tingkatkan Open Rate

Optimalkan Waktu Pengiriman Email Marketing Untuk Tingkatkan Open Rate

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang efektif dan terbukti dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa. Namun, tidak hanya konten email yang harus diperhatikan, tetapi waktu pengiriman juga sangat penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara untuk mengoptimalkan waktu pengiriman email marketing untuk meningkatkan open rate dan konversi.

Mengirim Email Marketing yang Tepat

Sebelum memulai strategi untuk mengoptimalkan waktu pengiriman email marketing, pastikan konten email yang dikirim menarik dan memiliki nilai bagi pelanggan. Email yang berisi promosi dan penawaran khusus sangat efektif untuk menarik perhatian pelanggan.

Selain itu, pastikan judul email menarik dan menarik minat calon pelanggan. Judul email yang menarik dapat membuat pelanggan tertarik untuk membuka email dan membaca isi email.

Meningkatkan Konversi

Selain meningkatkan open rate, tujuan dari email marketing adalah meningkatkan konversi. Untuk mencapai tujuan ini, penting untuk memastikan konten email yang dikirim sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Beberapa tips untuk meningkatkan konversi adalah:

  • Gunakan tata letak yang jelas dan mudah dibaca.
  • Sertakan panggilan tindakan yang jelas dan menarik perhatian pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu seperti membeli, mendaftar, atau mengikuti acara.
  • Sertakan informasi kontak yang jelas dan mudah dihubungi untuk informasi lebih lanjut.

Setelah konten email disiapkan, saatnya untuk memilih waktu yang tepat untuk mengirim email marketing.

Waktu yang Tepat untuk Mengirim Email Marketing

Tidak ada waktu yang tepat untuk mengirim email marketing yang cocok untuk semua bisnis. Perbedaan zona waktu, target audience, dan jenis bisnis adalah beberapa faktor yang mempengaruhi waktu pengiriman email.

Namun, ada beberapa tip yang dapat membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk mengirim email marketing:

Tinjau Data Analitik Anda

Pertama-tama, tinjau data analitik Anda untuk melihat kapan pelanggan Anda paling aktif membuka email. Beberapa layanan email marketing seperti Mailchimp, Constant Contact dan GetResponse menyediakan analitik pengiriman email.

Berdasarkan Industri

Berdasarkan studi oleh Mailchimp, beberapa sektor bisnis memiliki waktu pengiriman email yang efektif. Untuk sektor bisnis ritel, pukul 10 pagi dan 1 sore adalah waktu yang efektif untuk mengirim email. Sementara untuk media dan hiburan, pukul 8 sore adalah waktu yang baik untuk mengirim email.

Berdasarkan Zona Waktu

Untuk bisnis yang memiliki audiens global, pastikan Anda mengirim email pada waktu yang sesuai dengan zona waktu mereka. Pastikan Anda mempertimbangkan selisih waktu ketika mengirim email.

Kesimpulan

Meningkatkan open rate dan konversi email marketing dapat dicapai dengan mengirim email pada waktu yang tepat. Pastikan Anda memilih waktu yang sesuai dengan target audience Anda dan memastikan konten email menarik dan memiliki nilai bagi pelanggan. Dengan mengikuti strategi yang disebutkan di atas, Anda dapat meningkatkan efektivitas email marketing Anda dan meningkatkan penjualan produk dan jasa Anda.